29.Puasa tanda orang bertakwa


Apa kabar pecinta literasi  Indonesia?

Semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Dan tak lupa sholawat serta salam kehadirat Nabi Besar Muhammad SAW.

Alhamdulillah hari ini kita memasuki puasa hari ke 29.Berarti tinggal waktu - waktu terakhir di bulan Ramadan.


InsyaAllah Biidznillah, hari ini ,akan terjadi gerhana matahari antara jam 10:30 -11:30, 

Mari kita dirikan sholat gerhana di tempat masing-masing. Korbankan waktu sejenak untuk melaksanakan sholat gerhana yang tidak bisa kita lakukan setiap hari...


Dari Abu Hurairah ia berkata : "Rasulullah Muhammad bersabda" :


"Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah.

Bagi yang berkesempatan shalat berjamaah silahkan dilakukan berjamaah.Bagi yang tidak,masih bisa dilakukukan secara sendiri.Yang penting dicoba dipraktekkan ilmunya.


Dan tujuan utama dari kita melaksanakan ibadah puasa adalah agat kita bertakwa,sesuai dengan dalil yang mewajibkan kita melaksanakan ibadah puasa.

Q.S.Al Baqarah :183

"Hai orang - orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa,sebagaimana atas orang - orang sebelum kamu,agar kamu menjadi orang yang bertakwa"


Lalu dari mana kita bisa tahu bahwa kita itu termasuk bertakwa atau tidak ?

Mari kita simak bersama- sama.


*Lima Ciri Orang yang Bertakwa Menurut Alquran, Apakah Kamu Termasuk?*


Arti takwa adalah mengerjakan dengan penuh upaya apa yang diperintah oleh Allah, serta meninggalkan dengan penuh daya apa yang dilarang oleh Allah.


Secara umum, yang disebut sebagai orang yang bertakwa adalah orang-orang yang benar-benar baik. Pengertian baik di sini adalah baik di sisi Allah, juga baik di mata sesama manusia. Dikatakan baik di sisi Allah, sebab orang bertakwa selalu taat kepada Allah. Sedangkan baik di mata manusia, karena orang yang bertakwa senantiasa menjaga hubungan baik terhadap sesama manusia.


Namun, lebih jelasnya berikut ini lima ciri-ciri orang yang bertakwa sebagaimana yang disebut di dalam al-Quran surah Ali Imran ayat 133-136.



Bagaimanakah ciri-ciri sesungguhnya orang yang bertakwa itu?


Di dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 133-136 dengan sangat jelas Allah menunjukkan kepada kita tentang ciri-ciri orang yang bertakwa.


Berikut ini ayat yang menjelaskan tentang ciri orang bertakwa di dalam Al Quran, versi bahasa Arab dan terjemahannya.


Baca Juga: 9 Nama-Nama Surga yang Disediakan untuk Orang yang Beriman dan Bertakwa


*”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,”* (QS. 3 : 133)


“*(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”* (QS. 3 : 133)


*”Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”* (QS. 3 : 133)


*”Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.”* (QS. 3 : 133)


*1. Menafkahkan Sebagian Harta*


Orang yang bertakwa bukan saja mereka yang mengeluarkan zakat sebagai kewajiban atas harta kekayaannya, namun juga mau mengeluarkan sebagian hartanya untuk sedekah. 


Dengan demikian, orang-orang yang kikir, pelit dan bakhil bukan termasuk dalam kategori orang-orang yang bertakwa, sebab mereka tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya, baik untuk memenuhi kewajiban zakat maupun sedekah.


Disini termasuk juga kita menafkahi keluarga kita sendiri.


2. Menahan amarah


Orang yang bertakwa adalah mereka yang sanggup menguasai diri di kala marah sedang memuncak. Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang tidak gampang dikuasai oleh amarahnya. Tingkat kesabaran mereka luar biasa, sehingga saat marah ia masih mengalahkan nafsu amarahnya. Dengan demikian, bukan termasuk dalam kategori orang bertakwa jika mereka sering emosi dan suka marah. 


Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW:


"La tagdof walakal jannah,

Jangan marah maka pahala untukmu surga"


3. Memberi maaf


Kesalahan seseorang kepada orang lain adalah merupakan dosa yang berhubungan langsung dengan sesama. Dosa seperti ini baru bisa dimaafkan jika seseorang yang disakiti mau memberikan kata maaf. Namun, jika tidak, maka selamanya dosa itu tidak akan terhapus, bahkan Allah pun tidak akan memberikan pengampunan terhadap dosa tersebut.

Dan bila kita yang bersalah harus berani mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan.Dan bagi orang - orang yang tersakiti juga berkewajiban untuk memaafkan.


4. Mengerjakan kebaikan


Orang-orang yang bertakwa itu selalu melakukan kebaikan. Mereka tidak suka dengan perbuatan kemungkaran yang bisa menimbulkan kemudaratan. Bukanlah termasuk orang-orang bertakwa jika seseorang itu selalu berbuat kerusakan. 

Amal ma'ruf nahi mungkar berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan mungkar.


5. Mohon ampun atas kesalahan


Ciri-ciri orang yang bertakwa, jika mereka cepat-cepat menyadari kesalahan yang diperbuat, lalu beristigfar, memohon ampun kepada Allah. Sementara yang bukan orang bertakwa, jika saat salah ia tidak sadar, atau jika pun sadar namun tetap ia jalani kesalahan itu tanpa ada niatan untuk beristigfar memohon ampun kepada Allah dan memperbaiki diri.

Ataupun langsung melaksanakan shalat taubat.Taubatan nasuha taubat yang sebenar - benarnya.Jangan tobat sambel.Habis pedesnya berbuat maksiat lagi.Naudzubillah.


Semoga kita semua termasuk orang – orang yang memiliki ciri – ciri diatas sebagi bukti kita pribadi yang bertakwa.


Selamat menantikan sidang isbat.Mau berhari raya hari Jumat silahkan,jika menanti yang hari Sabtu tetap semangat.

Yang terutama kita jaga keutuhan persaudaraan islam.


Kota hujan,20 April 2023

29 Ramadan 1444 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini