10.Bocil Sanlat Deui Euy


Alhamdulillah ,tak terasa puasa sudah memasuki hari ke 10.Masya Allah bocil masih kuat puasanya.Walaupun ketika sahur tidak banyak makan dan minum,alasannya mengantuk jadi makannya sedikit sambil di suapin di tempat tidur.


Dan di hari kemarin kegiatan bocil masih sama seperti hari - hari kemarin.

Setelah pagi berangkat ke sekolah SD seperti biasa,pulang ke rumah istirahat sebentar dan langsung bermain bersama teman - teman.


Tetapi kemarin berbeda,selesai pulang sekolah langsung  bersiap - siap untuk sholat Jumat,selesai Sholat Jumat langsung pergi lagi untuk  ikutan kegiatan Pesantren kilat.


Tapi kali ini kegiatan Pesantren kilatnya diadakan di tempat Taman Pendidikan Al- Qur'an (TPA) dan Madrasah Diniyah (MD) Roudhotul Ulum yang berada di daerah Alun - alun Cibeureum Cisarua yang jaraknya dekat dari rumah.


Karena dekat bocil berangkatnya tidak diantar,hanya bersepeda bersama anak - anak lain .


Kegiatan Pesantren kilat kali ini di isi dengan materi ilmu Aqidah Akhlak yang bertema tentang menyayangi teman.Dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah dan ditutup dengan ilmu tajwid dan game - game yang menarik untuk anak - anak.


Diantara game tersebut adalah duduk rapi dan berbaris sambil memijit punggung teman ,sambil bergantian.Dilanjutkan dengan ice breaking.


Menjelang pulang sore harinya cuaca mulai terlihat mendung ,dan pas ketika hendak dijemput hujan pun mulai turun.

Mau dijemput pakai motor tapi pas bensinnya habis,terpaksa berjalan kaki.Hanya membawa jaket untuk bocil supaya tidak basah kehujanan juga payung.Sepertinya payung selalu di bawa kemana- mana setiap hari.

Karena jika cuaca panas untuk melindungi dari panas matahari,dan jika turun hujan supaya tidak ke basahan.


Setelah waktu pulang anak - anak langsumg berhamburan walaupun hujan lagi deras- derasnya.Kata bocil enak main  hujan - hujanan.Bagi anak - anak bermain hujan merupakan hal yang paling membahagiakan.Bisa puas bermain air .Tapi tidak bagi orang - orang dewasa ,hujan ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan sakit.


Tapi ketika hujan turun kadang kita suka terlupa untuk membaca doa turun hujan doanya singkat.


Allahumma shoyyiban nafi'an.

Ya Allah jadikanlah hujan ini bermanfaat.


Semoga hujan yang turun ini membawa keberkahan untuk kita semua.

Semoga rezeki kita sederas hujan yang turun di hari ini.


Dan ketika hujan reda maka ucapkanlah :


Muthirna bifadlillahi warohmatihi

Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmat Allah


Sudahkan kita membiasakan doa - doa tersebut?


Kota hujan,1 April 2023

10 Ramadan 1444 H

Komentar

  1. Doa ini sering terlupakan, padahal di tempat saya hujan merupakan sesuatu yang ditunggu tunggu karena rata rata penduduknya tergantung pada air hujan. Terimakasih telah mengingatkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini