*3.Sanlatskuy RAMADHAN  BARENG PIJAR*


_Menyelamatkan waktu anak - anak dari dampak negatif dari penggunaan Gadget serta membentuk generasi yang berakhlak karimah._


*Marhaban Yaa Ramadhan.*


Dalam rangka mengisi kegiatan anak - anak di bulan Ramadhan tahun ini.Komunitas PIJAR  Puncak ingin mengajar,bekerja sama dengan MUI Desa Cibeureum dan Pamerintahan Desa Cibeureum melakukan Pesantren kilat yang dilakukan  Dari tanggal 24 Maret - 14 April 2023.Dilaksanakan setiap hari Jumat,Sabtu dan Minggu selama bulan Ramadhan  dimulai dari jam 14.00 - 16.30 WIB.


Syarat bagi yang ikut sederhana:

1.Usia minimal kelas 1 SD / MI atau sederajat hingga usia maksimal kelas 3 SMP/ MTS.

2.Mengisi pendaftaran di gogle form yang sudah disediakan.

3.Berpakaian rapih dan menutup aurat.

4.Membawa alat tulis ,iqro /Al - Quran serta alat sholat.

5.Hadir tepat waktu

6.Gratis dan tidak dipungut biaya apapun.


PIJAR adalah sebuah komunitas Nirlaba yang beranggotakan para pemuda - pemudi Islam dari usia mulai 17 - 25 tahun yang konsen dibidang pendidikan terutama pendidikan anak - anak.Dan sebagai ketua umumnya adalah Kang Fahmi.Dan komunitas ini sudah berdiri sekitar 1 tahun lebih.


Adapun maksud dan tujuannya dilaksanakan pesantren kilat ini adalah untuk mengisi waktu anak - anak muslim ke hal - hal yang positif agar terhindar dari dampak buruk bahaya gadget sekaligus memperdalam ilmu Agama Islam di bulan Ramadhan.


Dan untuk acara pembukaan hari ini dihadiri oleh Bapak kepala Desa Cibeureum  Bapak H.Rahmat Hamami yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Desa Cibeureum yaitu Bapak Ujang Syaiful.Juga  dihadiri oleh Ketua MUI Desa Cibeureum Abah H.Dimyati, dihadiri juga oleh pengurus Desa bagian kesejahteraan Masyarakat Bapak Priyono.

 

Antusias anak - anak yang ingin ikutan Sanlat sudah  terlihat dari sebelum acara berlangsung, sudah banyak anak - anak yang berdatangan.Belum lagi para orang tua murid yang ingin mengantar ataupun sekedar melihat berjalannya acara pembukaan hari ini.


Acara di mulai dengan pembacaan tilawah Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 189 dan Sari tilawahnya , dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya di teruskan dengan  kata sambutan dari berbagai pihak yang terkait.



Selanjutnya acara di isi dengan materi perkenalan.Dimulai dengan perkenalan semua member dan pengurus  PIJAR dan dilanjutkan dengan perkenalan anak - anak peserta Sanlat laki - laki dan perempuan.


Selanjutnya semua melaksanakan ibadah sholat Ashar berjamaah di Mesjid yang ada di gedung pemerintahan Desa Cibeureum.Dan DKM mesjid merasa bersyukur karena adanya kegiatah ini.Mesjid yang biasanya sepi karena yang sholat hanya pegawai pemerintahan tapi kali ini menjadi sangat banyak karena adanya anak - anak peserta Sanlat ini.

 

Setelah selesai sholat Ashar dilanjutkan dengan materi pengajian dan ilmu Tajwid.

Anak - anak dibagi dalam kelompok - kelompok kecil disesuaikan dengan jenis kelamin dan jenjang pendidikan disekolahnya.


Alhamdulillah pengajian dan pengenalan ilmu tajwid ini sangat bermanfaat sekali bagi anak - anak.Terutama bagi yang belum hafal huruf hijaiyah ,belum bisa baca Iqro apalagi membaca Al- Quran dengan baik dan benar.Apalagi ilmu Tajwid yang susah untuk dipelajari tapi harus diketahui dan dipraktekkan .


Acara selalu diiringi dengan Ice Breaking yang berkenaan dengan puasa dan tepuk semangat yang menjaga supaya semua peserta yang berjumlah sekitar 100 orang tetap semangat.


Dan ketika waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 acara pun selesai.Ditutup dengan doa senandung Al _ Quran dan doa kafaratulajlis anak - anak pulang dengan rasa bahagia karena bertambah ilmu dan teman, dan berkeinginan untuk besok datang lagi.


Sampai jumpa besok anak - anak semua.

Dan besok bawa teman yang lebih banyak ya.

Tetal semangat puasanya💪🙏🥰


Kota Hujan,25 Maret 2023

3 Ramadhan 1441 H

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini