24.Ikhtiar Tas baru Ikhsan.


Apa kabar sahabat pecinta literasi Indonesia.

Semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Alhamdulillah kita sudah memasuki hari ke 24 puasa di bulan Ramadan.Semakin dihitung hari raya berapa hari lagi semakin terasa lama.Maunya buru - buru hari Raya Idul Fitri.Semoga puasa kita semua bisa tuntas 30 hari.


Umumnya di setiap bulan Ramadan banyak diadakan kegiatan  pasar murah ataupun bazar sembako,yang bertujuan untuk membantu masyarakat agar bisa membeli kebutuhan sehari - hari dengan harga yang lebih murah.Dan lebih mudah terjangkau.


Apalagi di Ramadan tahun ini berdekatan dengan pesta politik yaitu pemilihan umum yang akan diadakan tahun depan,maka berbondong - bondonglah para bakal calon wakil rakyat tersebut mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan sembako seperti ini.

Mulai dengan menjual minyak goreng murah,beli sembako mendapat bonus mie instant.Bahkan ada juga yang memberikan sembako gratis untuk warga masyarakat.

Yang semuanya itu bertujuan menarik minat simpati masyarakat.Agar memilih mereka di saat pemilu nanti.Tapi tetap pilihan diserahkan kepada hati nurani masing- masing.Dan semoga para pemimpin kita nanti adalah orang - orang yang amanah.Dan lebih peduli terhadap kesulitan yang dihadapi oleh rakyatnya.


Demikian juga dihari Sabtu kemarin, ibu - ibu pengajian majlis taklim Al- Furqon Cibeureum Cisarua Bogor juga tidak ketinggalan mengadakan bazaar pasar murah sembako untuk masyarakat yang berada di sekitar wilayah Rumah Sakit Paru Dr.Goenawan Cisarua.Tidak hanya sembako tapi ada juga kebutuhan lainnya.Mulai dari berbagai menu siap saji untuk berbuka puasa,baju layak pakai,baju- baju baru,kosmetik,Tas ,sandal dan berbagai kebutuhan lainmya.


Majlis taklim Al - Furqon ini di pimpin oleh Ustadz Musthofa dan istrinya Ummi Yeni juga sudah rutin mengadakan kegiatan bazar sembako murah seperti ini setiap tahunnya.Dan hal ini sudah dilakukan lebih dari 10 tahun yang lalu.


Acara dimulai dengan pengajian rutin setiap habis Shubuh selama  bulan ramadan.Di buka dengan  pembacaan zikir pagi Al-Matsurat ,pembacaan tilawah Al- Qur'an dan tausiah yang diisi oleh para ustadz dan ustadzah di daerah Cibeureum Cisarua Bogor.

Jika dihari biasa pengajian umumnya diadakan setiap habis sholat Ashar hingga menjelang magrib.

Dan untuk jamaah dibagi beberapa kelompok kecil .Dan setiap kelompok kecil ini diketua lagi oleh seorang ibu - ibu yang dipilih oleh setiap anggota kelompok.Yang bertujuan untuk memudahkan pengajian ibu - ibu tersebut.


Dalam acara bazar kali ini ,penulis juga tidak ketinggalan untuk mengikuti acara bazar tersebut ,bukan sebagai pembeli tapi mencoba menjadi penjual .Dengan dibantu tim kecil keluarga berjualan aneka menu jajanan dan kue untuk berbuka.


Selama berjualan dibantu Paksu sebagai pembawa perlengkapan jualan dan Ikhsan sebagai kasir,dengan tujuan mengajarkan anak - anak bagaimana berusaha untuk menggapai keinginannya.


Karena kemarin Ikhsan minta dibelikan tas baru,maka mumpung ada kesempatan ini maka digunakanlah untuk mengajar Ikhsan bagaimana cara berikhtiar agar keinginan kita bisa tercapai.


Dari pagi sudah mulai ramai pengunjung yang menghadiri acara bazaar Ramadan ini.Banyaknya antusias ibu - ibu yang ingin membeli sembako murah mengakibatkan terjadinya antrian panjang dalam mengantri membeli sembako.


Ditengah kegiatan panulis mencoba memberi kepercayaan kepada Ikhsan untuk menjaga standnya sendiri.Dengan ijin ke kamar mandi dan mengerjakan sholat Dhuha dan Paksu yang lagi beli kekurangan plastik.


Alhamdulillah ada yang beli dan Ikhsan berhasil melayani pembeli.Semoga peristiwa hari ini bisa menjadi pelajaran untuk lebih mandiri di masa depan.Apalagi sebagai anak laki - laki satu - satunya dan bungsu pula.Maka mau tidak mau harus mulai diajarkan kemandirian mulai dari sekarang.

 Setelah mulai sepi pembeli dan bersiap hendak pulang barulah Ikhsan dibelikan tas barunya.


Semoga Ikhsan menjadi anak yang sholih,mandiri dan jadi kebanggan orang tua.


Kota hujan,15 April 2023

24 Ramadan 1444 H

Komentar

  1. Mengajarkan kemandirian, wirausaha dan perjuangan. Soleh nak ikhsan in sya Allah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini