9.Tinggalkan yang buruk,ambil yang baik.

(Nyeker men !!!)


Alhamdulillah malam ini cuaca cerah,padahal tadi sore hujan turun dengan derasnya.Maklumlah kami tinggal di daerah yang setial hari turun hujan.


Pulang dari Mesjid selesai sholat tarawih, terlihat bocah kecil itu berjalan tertatih - tatih ,seakan - akan ingin menghindari supaya kakinya tidak terkena tanah,dan seakan juga terlihat seperti ada luka di kakinya.Setelah semakin dekat baru terlihat jelas ,kalau bocah tersebut berjalan tanpa alas kaki.Entah kemana sandalnya.


Tidak bersuara setelah  mengucapkan salam seperti biasanya,tapi hanya isak tangisnya yang semakin kencang.


Ikhsan :"Bunda...sandal Ikhsan hilang di Mesjid....!"

Bunda:"Sudah di cari belum ?"

Ikhsan :"Sudah,tapi tetap tidak ada"


Dan sang bunda dengan semangat 45 ,mencoba mendatangi mesjid ,yang memang tidak terlalu jauh dari rumah.Mencoba memeriksa tiap sudut dan pinggir mesjid.Mengharap menemukan sandal jepit putra kesayangan semata wayangnya.Tapi hasilnya nihil.


Sudah mencoba bertanya kepada orang - orang yang masih ada di area mesjid.tapi semua menjawab sama tidak tahu,ataupun tidak melihatnya.


Mencoba bertanya kepada anak - anak yang sedang berkumpul di dekat mesjid.Dan jawabannya juga sama.


Karena tidak terlihat juga akhirnya Bunda menyerah karena sudah capek dan lelah mencari,dan hanya bisa berucap besok kita beli sandal jepit yang baru .


Bocil hanya terdiam sambil mengusap sisa air matanya di ujung mata.Tapi sepertinya bocil tidak rela karena sandal yang hilang termasuk masih baru dan modelnya bagus.Bukan seperti sandal jepit biasa.


Tapi ketika sampai di rumah bocil malah di nasihati sama ayah.


Ayah :"ingat kata ustadz yang ceramah kemarin,ambil yang baik dan buang yang buruk.Jadi kalau di mesjid hilang sandalnya mungkin sandal bocil di ambil sama orang lain.Dan sandal yang buruk ditinggal ".

Ikhsan : "Tapi bukan sandal Ikhsan juga !"

Ayah: "Sudah hitung - hitung sedekah !"

Ikhsan :"Masa sedekah sandal "

Ayah : "Sedekah _mah_apa saja bisa,termasuk senyum juga sedekah"


Tapi sepertinya hal ini sudah sering terjadi.Setiap pergi ke mesjid pakai sandal yang bagus pasti hilang.Entah disengaja ataupun tidak di sengaja.


Apakah di Mesjid anda juga sama ?

Ataukah Anda juga pernah merasakan hal yang sama?


Kota hujan,31 Maret 2023

9 Ramadan 1444 H

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini