Pertemuan ke 29


 Assalammualaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Alhamdulillahirobbil alamiin segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT dan tak lupa sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.


Apa kabar Bapak ibu pecinta literasi Indonesia?

Semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah sWT.


Alhamdulillah hari ini kita dapat bertemu dalam acara resume pertemuan Kelas Belajar menulis Nasional Gelombang ke 28 .


Resume pertemuan ke :29

Hari /tanggal : Rabu,15 Maret 2023.

Jam 19.00- 21.00

Nara sumber:Bambang Purwanto S.Kom.Gr.

Moderator :Gina Dwi Septiani S.Pd.M.Pd.

Tempat : Grup Wa KBMN PGRI

Tema :Blog sebaga Media Dokumentasi  Refleksi diri siswa.



Para Penggiat Literasi, Bapak dan Ibu Peserta KBMN Gel. 28 sebentar lagi kita akan memasuki kelas. 

Kelas tanpa sekat dan batas. 

 Agar kita dapat menghimpun goresan hikmah dari narasumber yang luar biasa.


*"Kita tidak belajar dari pengalaman… kita belajar dari merefleksikan pengalaman." - John Dewey*


Air beriak tanda tak dalam


Air tenang seperti berlian


Izinkan saya ucapkan salam


Untuk para hadirin sekalian.



Alhamdulillah tidak terasa sudah memasuki pertemuan ke 29.



Pernahkan sahabat sekalian menggunakan blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa? 

Mungkin ada yang sudah, mungkin juga belum. 


Blog sebagai Media publikasi dibilang cukup efektif karena tidak memerlukan biaya yang mahal.


Hari ini kita akan mengetahui bagaimana memanfaatkan Blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa. 


Bersama Mr. Bams😇

https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto


Senang dan bahagia rasanya dipenghujung pertemuan Kelas Menulis ini, bisa hadir berbagi bersama-sama bapak ibu guru yang hebat. Yang mengajar bukan hanya mengajar, yang bergerak bukan hanya bergerak biasa. 


Terima kasih Omjay dan Tim Solid yang selalu memberikan kesempatan untuk berbagi di kelas yang luar biasa. 


Kelas ini adalah kelas yang luar biasa. Kelas yang mengajak menulis dengan kecepatan tinggi. Bagi peserta yang kurang bisa beradaptasi, pastinya merasa *keteteran*.

Setiap peserta disini tentunya menjadikan blog sebagai tempat untuk *menyimpan tulisan-tulisan* yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas ini. 

Ijinkan berbagi pengalaman dalam memanfaatkan blog yang saya kelola.

Blog atau web yang di kelola Nara sumber adalah *penamrbams.id*

inilah penampakan webblog yang saya kelola, alhamdulillah sudah mendapatkan google adsense, walau belum bisa dicairkan karena belum memenuhi ketentuan yang berlaku. Batasnya adalah Rp. 1.300.000, sudah dua tahun belum sampai juga, tapi memang tujuannya bukan mencari cuan. 


Punya web ini salah satu cara :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Nah, sebelum kepada Refeksi Diri, ijinkan saya mengenalkan tampilan ini di web, sebagai gerbang bagi murid yang belajar bersama Mr. Bams di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate.

bila geser ke bawah dibagian samping kanan (bila menggunakan laptop) saya simpan logo SMP Taruna Bakti. Murid yang belajar bersama Mr. Bams bisa klik tulisan *Informatika* kemudian akan masuk kedalam pilihan pembelajaran sesuai kelas masing-masing.

Nah dalam gambar diatas, saya akan ambil contoh kelas 7A

*Refleksi Diri*


Bagi saya sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan.


Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

*Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.*

Data nanti akan masuk ke google spreadsheet

Data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas

Setelah diurutkan maka di copy kemudian di paste ke excel untuk diolah

Di excel pun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali

Nah hasilnya seperti diatas. Ada saja murid yang lupa tidak mengisi. Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid absen berapa yang tidak mengisi. 


*Setiap mengisi saya berikan 10 poin, setiap minggunya saya akumulasikan*


Setelah diurutukan saya lanjutkan untuk copy ke blog, hanya memang kalau langsung dari excel hasilnya kurang rapih. Maka saya copy dulu ke word.

Setelah dari word baru ke website

Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini


https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-7a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/

bisa dilihat disini.


Ini salah satu tulisan murid yang memberikan refleksi dirinya :


*Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.*

*✧・゚Terimakasih・゚✧ ฅ^•ﻌ•^ฅ*


Kalau kita membaca tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini :


1. Materi yang dipejari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Persaan yang dirasakan oleh murid

4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME


Hal yang tanpa disadari oleh murid : *mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia* 


Bagi guru banyak manfaatnya

https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-9a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/


Ini tulisan murid kelas 9A yang saja ajar di pertemuan akhir.

*Angela Aurelie Putri Michael*

hari ini kita merencanakan ujian praktek kita, ide saya akan mencakup dunia internet dan mungkin aplikasi – aplikasi yang membantu banyak orang saya juga akan mencantumkan beberapa informasi dan data data di dalam pidato yang nantinya bisa di jadikan poin poin singkat didalam infografis. Untuk kesan belajar selama setahun ada lebih ada kurang nya jugaa tapi semua masalahnya bisa diselesaikan dengan baik , mr bams udah ngajarin banyak hal selama 3 tahun ini makasih buat ilmu ilmu yang sudah di sampaikan semoga semakin sukses di masa depan, maaf ya mr bams kalo ada kesalahan yang bikin kurang nyaman. semoga ujian praktek nanti bisa sukses dan lancar aamiin-!! ❤️

*Annindya Sheeva Khairranny*

Selama 1 tahun belajar dgn Mr. Bams itu selalu ad hal yg membuat ‘WAH’. Setiap pelajarannya kita selalu dikejutkan dengan inovasi dr Mr. Bams seperti tiba2 games, quiz, (ulangan), dll. Ya, bisa dibilang kelas ini akan menjadi salah satu kelas yg tdk mudah untuk dilupakan.

Semangat Terus Pak ✊✊✊

Terus kejutkan muridmu!!!!


*falisya azalea santika*

judul untuk ujian praktek sebenarnya masih belum terbayang. tetapi satu judul yang saya dapat dipertemuan kali ini adalah efektivitas waktu belajar dan bermain gadget untuk pelajar. mungkin akan diubah untuk kedepannya. pesan untuk mr.bams selama satu tahun mengajar ini. terimakasih mr.bams atas semua materi yang sudah disampaikan. banyak pelajaran yang dapat diambil. terimakasih mr.bams sudah mau merevisi kesalahan dan mendengarkan saran dari kita sebagai murid. sukses dan sehat selalu pak 😃👍🏻.


Tulisan-tulisan kelas 9 sudah sangat terbuka. Berani menyampaikan *kritikan*, dan saya sebagai guru tidak boleh *baper*. Tetapi diperbaiki sesuai kemampuan diri

Yang sangat indah adalah untaian *doa* dari murid kita. Ajarkan mereka untuk diberikan kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu.


bila di google di cari dengan kunci *Refleksi Diri Mr. Bams* , maka yang muncul adlaah

Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun

*Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu*. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga. 


Demikian berbagi pengalaman hari ini, semoga akan berkembang di sesi tanya jawab. Terima kasih sudah bisa memperhatikan, disela-sela aktivitas bersama keluarga tercinta. Salam buat orang-orang terdekat, semoga selalu banyak hal yang indah yang bisa dilakukan sesuai tugas kita dimana pun berada.


Ikan hiu makan tomat

I love you so much

Hari Kamis bawa palu

I miss you


😁



Sahabat literasi semuanya, demikianlah materi  dari narasumber kita malam ini. Sangat bermanfaat dan benar-benar menginspirasi kita.

*"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."*(Armin Martajasa) 


Selanjutnya  kita akan melaju pada sesi tanya jawab. 


Ayo jangan biarkan tanya menguap tanpa jawab. Segera layangkan surat cinta untuk dijawab pada narasumber hebat. 

Lets go!!!!!!


Sudah ada beberapa pertanyaan yang masuk, mau langsung dijawab atau menunggu yang lain Mr Bams?


Pertanyaan ke1: 


Yuni asal kab. Bekasi  Yang mau ditanyakan tadi sudah cek blognya bagus sekali untuk evaluasi atau penilaian terintegrasi dengan blog kita ada tulisan silahkan klik disini, ada refleksi dll bagaimana caranya agar seperti itu tampilannya pak terimakasih


*Jawaban 1*


Bu Yuni dari Bekasi yang penuh semangat.

Terima kasih sudah mengobrak-abrik web penamrbams.id semoga semakin penasaran.  Fasilitas hyperlink bisa digunakan di web kita. Blogspot dan wordpress bisa dimanfaatkan sebagai blog untuk menunjang pembelajaran kita di kelas. Hanya saja kalau kompasiana itu hanya untuk menuliskan artikel saja. 


Coba lihat gambar dibawah ini ya : 😊

Ini saya masuk diposisi *sunting* . Ibu bisa lihat disana ada fasilitas hyperlink, dengan memasukan link yang sudah dibuat, maka saat disimpan, siswa tinggal klik dan langsung menuju link tersebut.



Pertanyaan 2 :


 Imro'atus Sholihah_ Jombang Jatim

Blog sebagai media yang ideal dan efektif untuk mendokumentasikan refleksi diri siswa.

Mengapa demikian dan manfaat apa secara lebih lanjut yg bisa kita dapatkan dari blog?


*Jawaban 2*


Terima kasih Pak Imron dari Jombang yang baik hati.

Manfaat yang saya rasakan :

1. Sebagai guru kita bisa menujukkan kepada siswa, bahwa guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajar, semoga menjadi motivasi kepada siswa

2. Murid bisa memanfaatkan media ini sebagai jejak digitalnya

3. Murid yang tidak masuk, saat melihat dan membaca refleksi diri yang ditulis temannya merasa dapat informasi banyak

4. Manfaat lebih lanjut adalah belajar konsisten dengan apa yang biasa dikelola.



Pertanyaan 3: 


Lucy, Bandung

Assalamualaikum, Saya Lucy mau bertanya. Bagaimana cara pemberian poin/skornya? maksimal nilai siswa berapa?


*Jawaban 3*


Waalaikumsalam w.w.

Terima kasih Bu Lucy di Bandung, wah ini dekat ngak yah dari SMP Taruna Bakti. 


Setiap mengisi siswa diberikan poin 10. Skor yang dicantumkan di minggu depan sudah diakumulasi dengan minggu ini. Misalnya ABCDE pertemuaan ke 1 mengisi refleksi diri, maka saya akan memberikan point 10. Kemudian di pertemuan ke 2 mengisi kembali maka poin yang akan dicantumkan di tabelnya adalah 20.


Nah, dari sini nanti kita sebagai guru bisa melihat kemampuan anak dengan berbagai sudut pandang ":


1. Siswa yang konsisten menulis

2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak

3. Siswa yang menulis seadaanya


Poin refleksi diri bisa saya gunakan untuk remedial, bila ada nilai yang kurang-kurang dikit, poin refleksi diri bisa membantu tambahan kekurangan nilai. 


Contoh : 

Nilai di raport yang diharapkan adalah 80, siswa ini nilainya 79. Seharusnya remedial, tapi karena poin refleksinya tinggi makan siswa tersebut tidak usah melakukan remedial



Pertanyaan 4 : 

Nama: Elizabeth Kanserita Henny Anggorowati

Asal : Jakarta Barat

Pertanyaan: Terima Kasih MrBams, materi malam ini sangat menginspirasi 👍🏻

Saya ingin menanyakan, bagaimana jika refleksi diri diterapkan kepada siswa SD kelas 3, yang setiap harinya tidak membawa HP 🙏 saya punya rencana untuk mereka tuliskan terlebih dahulu di kertas atau buku, lalu saya salin ulang ke blog, tapi lumayan banyak juga ya jika harus disalin satu persatu 😁

Atau saya hanya perlu upload tulisan mereka yang sudah saya foto saja? 

Mohon pencerahannya dan ide cemerlang dari Mr 🙏

Terima kasih, semoga sehat selalu Mr Bams 🙏😇


*Jawaban 4*


Terima kasih Bu Elizabeth yang selalu mau terus belajar.

Sesungguhnya lakukanlah refleksi dengan pertimbangan sebagai berikut :


1. Tidak memberatkan siswa dan guru

2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung

3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira


Usul saya karena kelas 3, 

1. Siapkan kertas kecil ukuran 5 cm x 5 cm (boleh kelas warna-warni)

2. Siswa menuliskannya di kertas tersebut

3. Setelah itu ibu siapkan kertas HVS kosong, tempelkan kertas kecil tersebut di HVS tersebut. Dipisah nanti per pertemuan


atau mau disalin, ditik ulang bila waktu senggang disimpan di blog juga ok. Bisa juga tulisannya difoto simpan di google slide


Demikianlah resume saya untuk pertemuan kali ini .Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terutama untuk saya pribadi.

Bila ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf.

Saya sudahi dengan wa billahi taufik walhidayah.

Wassalammualaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Kota hujan,17 Maret 2023.

Endang Ratna Juwita

Komentar

Postingan populer dari blog ini