18.Bisnis tambah cuan di Ramadan.


Apa kabar semua???

Semoga kita semua selalu sehat .Dan tetap semangat puasanya.

Alhamdulillah sekarang kita sudah memasuki hari ke 18.Berarti semakin mendekati akhir - akhir bulan Ramadan.Bersiap memaduki 10 hari terakhir .Dan semakin banyak terlihat kesibukan disana sini.

Terutama kesibukkan untuk mempersiapkan kebutuhan menyambut datangnya hari raya idul fitri 1 syawal 1444 H.

yang insya Allah tinggal 12 hari lagi.


Kira - kira pesiapan apa saja yang sudah kita sediakan untuk keluarga tercinta dalam menyambutnya ???


Bagi yang punya persiapan uang tabungan ataupun thr yang besar mungkin tidak menjadi masalah. Kita bisa langsung memenuhi kebutuhan keluarga kita semua untuk menyambut lebaran ini.

Atau dari jauh - jauh hari sudah membelinya agar tidak berebut memilih di pasar.


Kita tinggal ajak keluarga kita ke pasar ataupun pusat - pusat perbelanjaan  terdekat.Lalu memilih sesuai keinginan.baik baju,sepatu,tas,kue - kue dan segala rupa.Lalu tinggal bayar di kasir.Selesai sudah.Kita sekeluarga happy menyambut datangnya hari raya .

Atau belanja via online yang sekaramg sedang booming dengan promonya setiap tangg al cantik atau waktu - waktu tertentu harga jauh lebih murah dibawah harga normal atau dalam promo free ongkir.


Tapi bagi orang - orang yang penghasilannya minim atau pun pas - pasan.Pastinya harus pikir otak mencari jalan bagaimana caranya agar bisa memenuhi kebutuhan hari raya untuk semua keluarga nanti.Istilahnya jangankan untuk hati raya kebutuhan harian juga kadang susah untuk terpenuhi.


Tapi aneh dan herannya kenapa di bulan biasa kita bisa hidup dan makan sederhana ,tapi dibulan Ramadan menu berbuka dan sahur bisa jadi bermacam - macam.Padahal pemasukan sama tapi kenapa pengeluaran bisa bertambah.Mungkin itulah bukti salah satu kebesaran Allah SWT dan berkah bulan Ramadan.

Tapi sebagai manusia biasa kita tidak bisa berpangku tangan dan berdiam diri pasrah dirumah.Kita harus mencoba dan berjuang serta harus berikhtiar dengan segenap tenaga sesuai dengan kemampuan dan kekuatan yang kita punyai.Dan terutama jangan melupakan berdoa kepada Allah SWT.Sang maha pemberi rezeki.


Dalam rangka ikhtiar itulah banyak ibu - ibu dan anak - anak muda,yang tadinya tidak punya usaha apa - apa di bulan Ramadan langsung buka usaha bisnis.


Diantara bisnis yang paling menjanjikan di bulan Ramadan adalah bisnis kuliner.Yaitu bisinis jualan makanan apa saja.Baik untuk takjil maupun untuk santapan.Mulai dari jualan gorengan,kolak,es atau sop buah,atau berbagai Frozen food yang lagi ramai sekarang.Diantaranya makanan sial saji yang dibekukan.Jadi ketika kita ingin memakannya tinggal goreng atau memanaskan sendiri.Seperti nugget,sosis,empek- empek ,ayam goreng dan lain- lain.


Apa pun usaha makanan yang akan kita lakukan hendaklah diperhatikan keadaan barang - barang tersebut.Mulai dari kehalalan makanan yang kita jual apakah sudah ada logo halalnya, atau kah memang terbuat dari bahan - bahan yang di bolehkan untuk dikonsumsi atau di makan,cara pengemasan,cara pembuatan dan yang terpenting cita rasanya dijamin enak.Apalagi masalah kebersijannya harus benar - benar dijaga.


Selama Ramadan banyak kegiatwn seperti Bazaar ataupun pasar murah yang buka khusus selama bulan Ramadan.Harga sewamya juga jauh lebih murah dibandingkan hari - hari biasa.

Ataupun kalau tidak kita bisa membuka warung atau hanya sekedar meja di depan rumah untuk menjajakan dagangan kita.

Atau bagi yang kuat bisa dengan menjajakan keliling dagangan kita.Baik dengan gerobak di dorong ataupun dipikul atau sekedar dijinjing keranjang sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kita


Apa pun jenis usaha dan dagangan kita ,bismillah diniatkan karena Allah SWT dan untuk mencari nafkah untuk keluarga dan orang - orang tersayang.Insya Allah menjadi berkah.


Kamu bisnisnya apa???


Kota Hujan,9 April 2023

18 Ramadan 1444 H

 

Komentar

  1. Amin..keren tulisannya. Slaam blogger.

    Mengapa Tulisan Om Jay Sering Muncul di Laman Google News? Ini Cara Jitu Agar Tulisan di Blog Kita Populer dan Muncul di Pencarian Internet, Di Sini:
    http://s.id/omjaykompasianer

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini