21.Khotmil Qur'an One Day One Juz ke - 7


Assalammualaikum pecinta literasi Indonesia?

Apa kabar semuanya ?

Semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.


Alhamdulillah ,hari ini kita memasuki puasa hari ke 21.Berarti kita sudah mulai memasuki babak final di bulan Ramadan tahun ini .Telah sama - sama kita lewati babak penyisihah di 10 hari pertama dan 10 hari kedua.

Semoga kita semua  bisa berpuasa sampai di hari terakhir bulan Ramadan.

Dan Ramadan ini memberi pelajaran berharga ,pemenangnya adalah bukan orang - orang yang menggebu di awal tapi semakin melemah diakhir,tapi pemenangnya adalah orang yang tetap bertahan dan istiqomah dari awal sampai akhir.


Bagi saya sekeluarga yang merantau dan jauh dari tanah kelahiran dan kampung halaman,hari - hari terakhir dibulan Ramadan ini adalah hari - hari serta saat - saat yang paling menyedihkan.

Sedih karena ingat akan kampung halaman,orang tua,sanak saudara dan semua yang ada disana.Tapi mungkin bukan hanya saya,tapi semua orang yang merantau pasti merasakan hal tersebut.Merasa kerinduan yang tak terbendung.Tapi apalah daya tangan tak sampai serta kemampuan yang tak ada untuk mewujudkan itu semua. Istilahnya mau pulang malu tapi tidak pulang rindu.


Untuk menutupi kerinduan akan kampung halaman biasanya saya lebih rajin tilawah Al- Qur'an.Apalagi ini tahun pertama puasa tanpa Baba dan Mamak saya.Semakin terasa kesedihan ini.Tapu saya hanya bisa mengirimkan doa serta bertilawah.

Jadi saya alihkan kerinduan ini dengan membaca Al- Qur'an.


Alhamdulillahnya selama ini saya memang sudah bergabung dipengajian majlis taklim Al- Batul pimpinan Ustadzah sy Syaikhoh Assegaf.Yang bertempat di Kampung Hankam Cisarua.

Pengajian bulanan biasanya dilakukan setiap hari selasa minggu pertama setiap bulannya.Dari jam 08.00 pagi sampai Jam 11.00 WIB.

Biasanya pengajiam diisi dengan ratib,sholawatan dan pembacaan diba marhaban serta tausiah.

Dan pengajian tiap minggunya diadakan setiap hari kamis malam Jumat di wilayah kampung Alun - alun Cibeureum Cisarua Bogor di bawah pimpinan Nenek Umu.


Dan selama bulan Ramadan kegiatan lebih difokuskan dengan bertilawah One Day One Juz dirumah masing - masing yang laporannya setiap hari via grup WA.

Dan alhamdulillah ini tahun ke 7 kegiatan ini berlangsung dan tahun ini ada 4 kelompok yang mengikuti pengajian ini,yang setiap kelompok terdiri minimal 30 orang.


Alhamdulillah pada hari Selasa kemarin,tanggal 11 April 2023,bertepatan dengan 20 Ramadan 1444 H dilaksanakanlah acara khotmil Qur'an  One Day One Juz ke - 7 ditempat kediaman Ustadzah sy Syaikhoh Asegaff di daerah Hankam Cisarua Bogor.


Acara di mulai dengan pembukaan,pengiriman doa untuk semua orang tua jamaah terdahulu yang telah meninggal dunia.Dilanjutkan dengan pembacaan tilawah Jamaah yang khatam yang diwakili oleh 30 ora g jamaah,yang setiap orangnya membaca bersama di waktu tersebut.Baru selanjutnya proses khatam Qur'an yang di mulai dengan membaca surat Ad- Dhuha sampai Surat An - Nas.Ditutup dengan pembacaan sholawat dan doa khatam Qur'an.

Terakhir diadakan acara doorprice untuk jamaah yang beruntung.Sebelumnya pemberian cendera mata untuk guru kita Ustadzah sy Syaikhoh Assegaf dan para panitia inti yang telah berpartisipasi sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar.Dan terakhir bersalam - salaman dan fhoto bareng.

Demikianlah acara khotmil Qur'an pada hari kemarin.

Semoga kita semua dapat istiqomah tilawahnya.


Kota Hujan,12 April 2023

21 Ramadan 1444 H




 

Komentar

  1. Mantap Bu ada acara Seperti itu. ,

    BalasHapus
  2. Acara yang sangat bermanfaat, semoga membawa keberkahan bagi semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini