Sariawan di hari lebaran


Entah kenapa bangun tidur dipagi ini badan Ikhsan terasa lemes dan sedikit kurang bersemangat.Di raba keningnya sedikit hangat.Semoga tidak ada apa - apa.

Tapi ketika ditanya Kenapa? suaranya terdengar tidak jelas.Ternyata ada sariawan di bibir bawahnya.


Karena tinggal di daerah yang sangat dingin jadi jarang mandi pagi - pagi.Apalagi musim libur lebaran.Tidak berangkat sekolah pagi.Mungkin juga bisa akibat di hari raya kemarin banyak makan makanan bersantan dan pedes.Sementara kurang makan sayur dan buah.

Jadi kekurangan vitamin.


Ada macam-macam vitamin, dan semuanya merupakan nutrisi penting yang harus kita dapatkan setiap hari. Vitamin yang berbeda diperoleh dari jenis makanan yang berbeda pula. Oleh karena itu, kita harus mengonsumsi beragam makanan agar kebutuhan vitamin tetap terpenuhi.


Vitamin memang memegang peranan penting bagi tubuh, tetapi kita tidak membutuhkan vitamin dalam jumlah yang terlalu banyak setiap harinya.


*Jenis dan Manfaat Vitamin*


Ada 13 vitamin yang diketahui memiliki fungsi penting bagi tubuh. Berikut ini adalah ketigabelas vitamin tersebut berikut manfaatnya:


1. Vitamin A


Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi.


Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja yang membuat penderitanya sulit melihat ketika malam hari atau dalam cahaya yang redup. Selain itu, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan keratomalasia, yaitu kekeringan pada kornea mata.


Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin A adalah mangga, semangka, anggur, jambu biji, dan jeruk keprok.


2. Vitamin B


Ada 8 jenis vitamin B dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu:


- Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.


- Vitamin B2 yang berfungsi untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel tubuh membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit.


- Vitamin B3 (niacin) yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.


- Vitamin B5 (pantothenic acid) yang berfungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.


- Vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi, serta membantu produksi sel darah merah.


- Vitamin B7 (biotin) yang berfungsi untuk membantu produksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh.


- Vitamin B9 (asam folat) yang berperan penting dalam proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.


- Vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan terganggunya berbagai proses metabolisme. Selain itu, penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin ini adalah beriberi, dermatitis, diare, dan anemia.


Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin B adalah alpukat, blueberry, pisang, jeruk, mangga, nanas, semangka, strawberry, bayam, kembang kol, mentimun, dan lobak.

3. Vitamin C


Vitamin C atau ascorbic acid dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu serat protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, serta memperkuat pembuluh darah.


Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam produksi norepinefrin dan serotonin, yaitu zat kimia otak (neurotransmitter) yang berfungsi untuk mengirim sinyal antar saraf.


Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kamu mengalami anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, dan penurunan massa otot, serta membuat luka kamu sulit sembuh dan rentan terinfeksi.


Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah stroberi, jeruk, brokoli, cabai maupun kentang.


4. Vitamin D


Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Selain itu, vitamin ini juga membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kamu mengalami pelunakan tulang (osteomalacia), rakitis, dan rentan terkena infeksi.


Contoh buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin D adalah pisang, jeruk, apel, bayam dan brokoli.


 Semoga ilmunya bermanfaat. Oh iya, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kita dengan makan-makanan bergizi dan cek nutrisi yang diperlukan tubuh secara rutin. 


Kota Hujan,25 April 2023

4 Syawal 1444 H

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini